Kliring dan RTGS buat BNI

beberapa hari gue bingung dengan apa itu yang di sebut  Kliring dan RTGS dari BNI gue.. soalnya ribet kalo musti bolak balik balik lagi ke ATM.. jauh boo.. mendingan lewat Internet Banking.. jadi lebih praktis dan efisien.. betul gak ??? beberapa kali gue daftar E-Channel nya BNI.. gagal terus coy.. entah kenapa.. sampai gue tanya lewat email.. tapi enggak ada balesan.. hmmpp..


lantaran gue males bolak-balik.. gue googling aja.. emang sih susah banget.. tapi akhirnya kebegoan gue tentang IT itu terjawab sudah hari ini tanggal 12 April 2011.. setelah gue tranfer duit ke ATM buat pesen buku gue.. (buku gue.. yang beli gue..) jadi gue bikin novel.. tapi gue yang harus beli.. kenapa ?? entah lah.. gue juga bingung.. lanjut dari pada bingung..

dan gue googling lah.. setelah berhasil mendaftar Internet Banking BNI.. dan akhirnya gue dapet dari salah satu web yaitu.. ini mengenai itu tadi.. Kliring dan RTGS.. dan berikut ini penjelasnnya.. 

Ada 2 jenis transfer dalam Internet Banking untuk Account Bank yang Berbeda:


1. Kliring
Contoh Kasus : Pengiriman Bank BNI ke Bank Mandiri
Kalau pake yang ini, BNI menyetorkan duit pada BI, baru dari BI diteruskan pada Bank Penerima, makanya memakan waktu 2-3 hari. Soalnya proses kliringnya pun ada batasannya (misalnya di atas pukul 15.00 WIB, transaksinya baru diproses keesokan harinya, artinya bisa lebih lama lagi)


2. Real Time Gross Settlement (RTGS)
Ini yang disebut dengan transfer real time. Jadi dari BNI, langsung diteruskan ke Bank penerima saat itu juga. Konsekuensinya, biaya transfernya jadi lebih mahal.


atau anda akan memilih transfer lewat ATM yang membuat anda jalan-jalan / sedikit olah raga untuk mencapai ATM dengan tarif transfer sekitar 5 ribuan namun transfer Real Time..?


Semua tergantung anda..

nah itu dia yang hasil gue copas.. selamat menikmati.. sambil makan magnum enak lho baca Postingan ini..

6 komentar:

  1. thanks gan,,, ane lagi nyari keterangan ini nih,, tapi masih kurang jelas juga sih,,, :beer:

    BalasHapus
  2. Thanks Gaaannn... Ane juga lagi nyarii..

    BalasHapus
  3. thanks gan.... bedanya online sma yg rtgr apa?

    BalasHapus
  4. gan ane transfer dr bni ke bca barusan jam 8 mlm...tp klo ga real time sih....smpe jam 4 sbuh ane cek di bca msh blm msk jg dana nya...

    BalasHapus
  5. gan ane transfer barusan dr internet banking BNI ke BCA pake RTGS. ane transfer jam 8 mlm tp smpe jam 4 sbuh ane cek di BCA dananya masih blm msk jg...katanya real time klo pake RTGS...

    BalasHapus
  6. perasaan dari BNI k BCA hrus ke cabangnya langsung

    BalasHapus

Monggo berkomentar sepuas apa yang anda bisa rasakan.. saya akan berikan apapun supaya anda puas..